PARADIGMA PERPUSTAKAAN ERA KLASIK DAN MODERN (DIGITAL)

Nasrul Makdis

Abstract


Abstract: The more advanced civilization makes humans always innovate so they can continue to live. As is the case with libraries, with advances in technology and increasingly dynamic developments in the world of science and technology, of course the use of computerization or automation based for library management is inevitable. This digital thing makes library managers must be able to change their mindset and form of service, so that whatever is done and done is no longer done manually or in the traditional way. This indirectly demands library management resources in order to improve its ability to manage libraries which have been integrated with digital systems. In this paper, we will discuss the differences between traditional libraries or those that still use manual systems with modern (Digital) libraries and ways of looking at these two different eras.

Keywords: Library Paradigm, Modern Library, Classical Library

Abstrak : Semakin majunya peradaban membuat manusia senantiasa ber-inovasi agar tetap dapat melangsungkan kehidupan. Seperti hal nya perpustakaan, dengan majunya teknologi dan semakin dinamisnya perkembangan kemajuan IPTEK dunia, tentu penggunaan komputerisasi atau berbasis automasi untuk pengelolaan perpustakaan tidak dapat terhindarkan. Sesuatu yang serba digital ini membuat para pengelola perpustakaan harus mampu merubah pola pikir dan bentuk layanan mereka, sehingga apapun yang dilakukan dan dikerjakan tidak lagi dilakukan dengan cara manual atau dengan cara tradisional. Hal ini secara tidak langsung menuntut sumber daya pengelola perpustakaan agar dapat meningkatkan kemampuannya dalam mengelola perpustakaan yang mana telah terintegrasi dengan system digital. Dalam tulisan ini akan membahas tentang perbedaan antara perpustakaan tradisional atau yang masih menggunakan system manual dengan perpustakaan modern (Digital) serta cara pandang dalam melihat kedua era yang berbeda ini.

Kata Kunci : Paradigma Perpustakaaan, Pustaka Modern, Pustaka Klasik

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’annur Karim

A.M., Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta:

Bumi Aksara, 1993

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan

Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 1999

Bafadal, Ibrahim, Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Jakarta:

Bumi Aksara, 1996

--------------------, Pengelolaan Perpustakaan Sekolah,

Jakarta: Bumi Aksaran, 1992

Basuki, Sulistiyo, Periodesasi Perpustakaan Indonesia, Bandung:

PT. Remaja Rosdakarya, 1994

Darmono, Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah,

Jakarta: Grasindo, 2001

Depag RI, Buku Pedoman Perpustakaan, Jakarta: Biro Hukum dan

Humas Depag RI, 1992

----------------, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: Lubuk

ALung, 2000

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kamus Besar Bahasa

Indonesia, Jakarta: balai Pustaka, 2000

Dimyanti dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka

Cipta, 1999

Echols, Jhon M., dan Hasan Shadily, Kamus Inggris – Indonesia,

Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1997

Hadeli, Metode Penelitian Kependidikan, Padang: Baitul Hikmah

Press, 2001

Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi

Aksara, 1993

Hasibuan, SP., Melayu, Organisasi dan Motivasi Dasar

Peningkatan Produktivitas, Jakarta: Bumi Aksara, 1996

HS, Lasa, Membina Perpustakan Perpustakaan Madrasah dan

Sekolah Islam, Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2002

Manulang, M., Dasar-dasar Manajemen, Jakarta: Ghalia

Indonesia, 1999

Milburga, Larasati, dkk, Membina Perpustakaan Sekolah,

(Yogyakarta: Kasinius, 1986

Mudjito, Pembinaan Minat Baca, Jakarta: Universitas Terbuka,

Nasution, JS. , Didaktik Asas-asas Mengajar, Jakarta: Bumi

Aksara, 1995

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 1998

Rasady, Aminuddin, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta:

Uhamka Press, 2003

Ruslan, Rosady, Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi,

Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1998

Sabardi, Agus, Pengantar Manajemen, Yogyakarta: UPP AMP

YKPN, 1997

Shaleh, Rahman, Abdul, Manajemen Perpustakaan Perguruan

Tinggi, Jakarta: Universitas Terbukan, 1995

Soeatimah, Perpustakaan, Kepustakawanan dan Perpustakaan,

Yogyakarta: Kasinius, 1992

Soedibjo, Noerhayati, Pengeloalan Perpustakaan, Bandung:

Penerbit Alumni IKIP Bandung: 1987

Sou’yb, Joesoef, Sejarah Daulat Abbasiyah III, Jakarta: Bulan

Bintang, 1989

Staf Pengajar SMP Stelle Duce Tarakanita, Membina

Perpustakaan Sekolah, Yogyakarta: Kasinius, 1996

Sumantri, MT., Panduan Penyelenggaraan Perpustakaan

Sekolah, (Bandung: Remaja Rosdakarya, t.th

Sumardi, Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Universitas Gajah

Mada, 1989

Supriyadi, Pengantar Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan

Sekolah, Malang: t.p., 1982

Syamsuddin, Anwar, Peranan Pendidikan Pemakai terhadap

Pelayanan Perpustakaan Perguruan Tinggi, dalam Jurnal

Komunikasi dan Informasi Perpustakaan, “Al-Maktabah”, Vol. No.

, 2001

Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung:

Remaja Rosdakarya, 1992

Terry, R., George, Dasar-dasar Manajemen, Jakarta: Bumi

Aksara, 1996

Tim Penyusunan Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan

Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka,

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan

Nasional dan Peraturan Pelaksanaannya, Jakarta: Tamita Utama,




DOI: https://doi.org/10.15548/jib.v2i1.31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Imam Bonjol : Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat: Kampus I Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang - Pascasarjana, Jalan Jenderal Sudirman No.15, Padang Pasir, Padang Barat, Kp. Jao, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat 25153

Email: admin@journal.pustakauinib.ac.id pustakapusatuinib@gmail.com