MANAJEMEN KEBUTUHAN INFORMASI DOSEN DALAM MELAKSANAKAN TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI (Studi Kasus Pada Jurusan SKI Fakultas Adab IAIN Imam Bonjol Padang)
Abstract
To run the Tri Dharma of Higher Education, lecturers must at all times be able to access and update information quickly. Thus the lecturer will not miss the latest knowledge and information from students or from the general public. Without mastering information, the lecturer will look passive and "telmi" (late thinking). Especially in this highly competitive information technology era, information becomes very important so that lecturers continuously develop and deepen their knowledge. To meet the information needs of lecturers, it is needed a mechanism for access to information and information availability. Access to information requires the availability of infrastructure (telecommunications, electricity) and devices (hardware and software) as well as mastering the use of computers (computer literacy). the problem that often arises now is that there are several attitudes of lecturers in terms of finding information. There are among lecturers who are always actively seeking and finding various information. Meanwhile there are also lecturers who are passive, in the sense that said lecturer there is no desire in finding new information and knowledge, but it is enough to hold the knowledge as it is. However the situation must be said that every lecturer is not likely to neglect information, because that information is an academic and scientific need.nggi,
Full Text:
PDFReferences
A.F, James, Manajemen, Jakarta: Erlangga, 1995
Anwar, Idochi, Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2003
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2006
Aslam, Kemampuan Dosen dalam Melakukan Proses Perkuliahan di Fak. Tarbiyah IAIN Sumatera Utara, Medan, F. Tarbiyah: 2008
A. J, Linder, Today a Librarian, Tomorrow a Corporate Intelligence Profesional. Special Libraries Journal, Summer: New Jersey, 1992
Dale, Ernest, Manajement: Theory and Practice, Tokyo: Mc GrawHill Kogakusha, Ltd., 1973
Daulat P, Tampubolon, Perguruan Tinggi Bermutu: Paradigma Baru Manajemen Pendidikan. 2001
Davis, Gordon B., Kerangka Sistem Informasi Manajemen, Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo, 1991
Departemen Agama RI, Al-Quran dan Terjemahnya, (Jakarta: Yayasan Penyelenggara, Penterjemah/ Penafsir al-Quran, 1971.
______, Kebijakan Tahun 2004: Peningkatan Kualitas Akademik dan Administrasi PTAIN. Jakarta: Ditjen Bagais, 2004
______, Statuta Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Manado Tahun 2002. Jakarta: Ditpertais, 2002
Dewi, Fatma, Sejarah Jurusan SKI Fakultas Adab IAIN Imam Bonjol Padang, Padang: Skripsi Fak. Adab, 2002
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, Pedoman Beban Kerja Dosen dan Evaluasi Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, 2010
Echols, John M. dan Hassan Shadily, Kamus Inggris-Indonesia, Jakarta: Gramedia, 1996
Hadeli, Metode Penelitian, Padang: IAIN IB Press, 2002
Hasibuan, HS, Seputar Pendidikan Islam, Padang: Buku tidak terbit, 2009
______, Urgensi Informasi dan di tengah Kemajuan Zaman, Makalah, tp: 2008
Ibrahim, Kedudukan Informasi bagi Dosen, Internet: 2001
Irna, Tipe Dosen Pemalas, Surabaya, Tp: 2003
Koesnandar, Ade, Pelatihan Pemanfaatan TIK Untuk Pembelajaran Tingkat Nasional tahun 2008, Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Departemen Pendidikan Nasional, 2008
Kustono, Joko dkk, Pedoman Beban Kerja Dosen Dan Evaluasi Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, 2010
M, Hendrik, Tugas Dosen dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, Medan: Kumpulan Makalah Unimed, 2008
Manan, Abdul, Profesi Guru dan Dosen Antara Tanggungjawab dan Perlindungan Hukum, Makalah: 2009
Marzuki, Metode Riset, Jakarta: BPED, 1990
Massie, Joseph L., Essentials Of management, New Delhi: Prentice-Hall of India Private Limited, 1973
Merriam, S.B., Case Study Research in Education: a Qualitative Approach, San Francisco: Jossey-Bass Publishers, 1988
Moertini, Veronica S., Pengembangan Sistem dan Sarana Teknologi Informasi untuk Perguruan Tinggi Indonesia, Bandung: Biro Teknologi Informasi Universitas Katolik Parahyangan 2008: 1
Mubarok, Ahmad, Peranan Perpustakaan Sebagai Media Informasi, Garut: MAS Yayasan Bina Bangsa, 2007
Muslimah, Peranan Masyarakat Kabupaten 50 Kota Dalam Mendirikan Fakultas Adab di Payakumbuh, Padang: Skripsi, 1994
Nasir, Metodologi Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1998
Pendit, Putu Laxman, Penelitian Ilmu Perpustakaan dan Informasi: Suatu Pengantar Diskusi Epistemologi dan Matodologi. Jakarta: JIP-FSUI, 2003.
Perguruan Tinggi Menghadapi Tantangan Abad 21. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Purwanto, Anang Fauzi, Upaya Peningkatan Pengelolaan dan Pelayanan Perpustakaan, Probolinggo: MTs Hidayat, 2009
Rasyid, Hamid, Makna Informasi dalam Kebutuhan Zaman, Medan: Kumpulan Makalah Unimed, 2008
Republik Indonesia, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005
S, Maulana, Manfaat TIK bagi Profesi Dosen. Jakarta, Tp: 2009
Syaffril, Muhammad. Perilaku Pencarian Informasi Melalui Koleksi Surat Kabar untuk Memenuhi Kebutuhan Informasi: Studi Deskriptif Tentang Perilaku Pencarian Informasi Melalui Koleksi Surat Kabar untuk Memenuhi Kebutuhan Informasi Mahasiswa di Perpustakaan UNISBA. Tidak diterbitkan. 2004.
Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: 2005
Sudijono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT. Grafindo Persada, 2000
Taylor, R. S. “Question negotiation and information seeking in libraries” dalam College and Research Libraries, (1968). 29, 178-189.
Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1990
Yousda, Ine I. Amirman, Penelitian dan Statistik Pendidikan, Bandung: Bumi Aksara, 1992
Yunus, Yulizal, (Ed), IAIN Imam Bonjol 30 tahun, Padang: IAIN Press, 1996
Yusup, Pawit M., Pedoman Praktis Mencari Informasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995
DOI: https://doi.org/10.15548/jib.v1i1.5
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Imam Bonjol : Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Alamat: Kampus I Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang - Pascasarjana, Jalan Jenderal Sudirman No.15, Padang Pasir, Padang Barat, Kp. Jao, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat 25153
Email: admin@journal.pustakauinib.ac.id pustakapusatuinib@gmail.com