KEPUASAN PEMUSTAKA (Studi Kasus di Perpustakaan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi IAIN Imam Bonjol Padang)

Ermawelis Ermawelis

Abstract


Abstract: Satisfaction is a feeling of pleasure that arises from a person caused by having achieved a goal or goal. Someone's satisfaction or dissatisfaction can be seen through the results obtained from the search for their needs. If he gets what he needs satisfaction it will arise automatically, because he gets satisfaction then the desire to come back will be great, and vice versa if his desires are not fulfilled then he is disappointed / dissatisfied automatically he does not return. Because of the limited time and ability of the writer to find out the level of satisfaction of the library user towards the Da'wah and Communication Sciences library, the writer collected data using the interview method. Interview is the process of obtaining information in the form of questions and answers with sources of information that take place with or without interview guidelines (Burhan Bungin, 2009: 108). Samples were taken based on the average number of visitors each month for one year (data obtained from the number of visitors from January to December 2015) which amounted to 7182/12 mth = 598.5 months, 599 visitors a month. If the sample of subjects is less than 100, all of them are taken, if more than 100 people, 10-15% or 20-25% can be taken. To collect the data the authors took a sample of 60 visitors or 10% of the average number of each month which amounted to 599 people (10% X 599 people = 59.9 rounded up to 60 people. To measure the level of user satisfaction the authors used the scal interval method with how to divide the difference between the highest score with the lowest score with many scales.

Keywords: Satisfaction, Pemustaka

Abstrak : Kepuasan adalah suatu perasaan senang yang timbul dari diri seseorang disebabkan karena telah mencapai satu tujuan atau sasaran. Puas atau tidak puasnya seseorang bisa dilihat melalui hasil yang didapat dari pencarian kebutuhannya. Jika dia memperoleh apa yang dia butuhkan kepuasan itu akan timbul secara otomatis, karena dia mendapat kepuasan maka keinginan untuk datang kembali akan besar, begitu pula sebaliknya apabila keinginannya tidak terpenuhi maka dia kecewa / tidak puas secara otomatis dia tidak kembali. Karena keterbatasan waktu dan kemampuan penulis untuk mengetahui tingkat kepuasan pemustaka terhadap perpustakaan fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi penulis mengumpul data dengan metode wawancara. Wawancara adalah proses memperoleh keterangan berupa tanya jawab dengan sumber informasi yang berlansung dengan atau tanpa pedoman wawancara (Burhan Bungin, 2009: 108 ). Sampel yang diambil berdasarkan jumlah raaata-rata pengunjung setiap bulan selama satu tahun ( data diperoleh dari jumlah pengunjung dari bulan Januari s/d Desember 2015 ) yaitu berjumlah 7182/ 12 bln.= 598,5 dibulankan 599 pengunjung sebulan. Apabila sampel subjeknya kurang dari 100 diambil semuanya, apabila lebih dari 100 orang maka dapat diambil 10-15 % atau 20 – 25 %. Untuk mengumpulkan data penulis mengambil sampel yaitu sebanyak 60 pengunjung atau 10% dari jumlah rata-rata tiap bulan yang berjumlah 599 orang ( 10% X 599 orang = 59,9 dibulatkan menjadi 60 orang. Untuk mengukur tingkat kepuasan pemustaka penulis memakai metode skal interval dengan cara membagi selisih antara skor tertinggi dengan skor terendah dengan banyak skala.

Kata kunci :  Kepuasan, Pemustaka


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini, Prosedur Penelitian, suatu pendekatan praktek, Jakarta : Rineka Cipta, 1997

Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif, Jakarta : Kencana, 2009

Chaplin, D.J. Kamus Lengkaap Psikologi. Jakarta : PT RajaGrafido Persadaa, 2008

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta :Depdikbud. 1988

Hafiah.Pengantar Layanan Perpustakaan, Padang : Pustakinfo, 2009

Harsana, Lasa. Jenis-Jenis Pelayanan Informasi Perpustakaan, Yogyakarta : UGM Press, 1993

Kementerian Hukum dan Hak Azazi Manuasia RI.Undang-Undang Republik Indonesia No. 43 tentang Perpustakaan, Jakarta : Kementrian Hukum dan Hak Azazi manusia RI, 2007

Saleh, Abdul Rahman, Manajemen Perpustakaan Perguruan Tinggi, Jakarta: Universitas Terbuka, 2008

Sulistyo, Basuki , Pengantar Ilmu Perpustakaan, Jakarta: Universitas Terbuka, 1993

Sumardji, P. Perpustakaan Organisasi dan Tata Kerjanya, Yogyakarta: Kanisius, 1983

Sutarno, Perpustakaan dan Masyarakat, Jakarta: yayasan Obor Indonesia, 2003




DOI: https://doi.org/10.15548/jib.v1i1.10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Imam Bonjol : Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat: Kampus I Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang - Pascasarjana, Jalan Jenderal Sudirman No.15, Padang Pasir, Padang Barat, Kp. Jao, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat 25153

Email: admin@journal.pustakauinib.ac.id pustakapusatuinib@gmail.com